Total Pageviews

About Me

My photo
depok, Indonesia
I always remember I am special.

Friday, October 24, 2014

Kelebihan dan Kekurangan dari Teknologi Internet bagi Bidang Psikologi


Kelebihan dan Kekurangan dari Teknologi Internet bagi Psikolog

Pada zaman yang semakin moderen ini, teknologi kian berkembang pesat. Bahkan saat ini manusia dan teknologi tidak dapat dipisahkan. Keberadaan teknologi internet mampu membantu manusia dalam melakukan aktivitasnya.
Interconnection network (internet) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung. Internet merupakan jaringan yang terdiri dari milyaran komputer yang ada di seluruh dunia. Internet melibatkan berbagai jenis komputer serta topology jaringan yang berbeda.
Kehidupan manusia tak bisa lepas dari teknologi bernama internet. Manfaat internet memang cukup banyak dan sangat membantu aktivitas individu dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan teknologi internet sudah dimanfaatkan dalam bidang psikologi. Melalui internet kita juga dapat berbagi tentang ilmu-ilmu psikologi, kasus-kasusnya sampai penyelesaiannya.
Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari adanya teknologi internet bagi bidang psikologi:
Menurut Claudia Kurnia Erawanti (11511684)
Kelebihan :
E-Counseling merupakan salah satu bentuk nyata aplikasi Teknologi Informasi dalam bidang Psikologi. Internet menawarkan suatu proses psikoterapis yang menggunakan suatu media komunikasi yang terbaru, dimana melalui media ini mereka dapat memberikan suatu intervensi psikoterapi yang disebut dengan E-counseling atau email counseling.
Email counseling merupakan pelayanan intervensi psikologi yang dilakukan melalui Internet, dimana proses terapi terlebih dahulu dilakukan melalui media ini, untuk kemudian menyusun rencana dalam melakukan intervensi psikologi secara face to face (secara langsung) yang akan dilakukannya. Fungsi dari e-counseling adalah untuk membantu terapis dalam mengumpulkan sejumlah data yang terkait dengan kliennya sebelum akhirnya terapis dan klien sepakat untuk bertemu secara langsung untuk melakukan proses terapis selanjutnya.

Kekurangan :
Dalam e-counseling terdapat kemungkinan kesalahan interprestasi karena pengguna hanya berhadapan dengan mesin dan tidak bertatap muka sehingga tidak efektif.



Menurut Dwitiya Agsan Nandini (12511286)
Kelebihan :
Bisa membuka Requirement melalui internet.
Kekurangan :
Bisa disalahgunakan karena semua orang dapat mengakses dengan mudah.

Menurut Githa Purnamasari (13511089)

1.      Ilmu psikologi merupakan ilmu yang berhubungan dengan banyak bidang-bidang lain. Sehingga mengharuskan kita untuk update dengan fenomena yang terjadi di dunia sekitar, dan menuntut kita untuk mengerti dan paham tentang penggunaan teknologi internet yang baik agar manfaat tersebut dapat kita rasakan. Psikologi erat kaitannya dengan penelitian, banyak referensi yang harus dibutuhkan untuk menguatkan hasil dari penelitian tersebut yang tentu saja bias kita temui dengan menggunakan internet.
Contoh :
Kelebihan
Dalam pembuatan penulisan atau tugas akhir kita dapat menemukan beberapa referensi jurnal baik dari dalam negeri bahkan luar negeri yang mampu kita jadikan acuan bagi penulisan dan dapat di ungaah secara gratis tanpa harus mencari buku ke perputakaan atau membeli buku.
Kekurangan
Banyaknya jurnal dan referensi yang tersebar di internet secara gratis juga memiliki kekurangan. Dengan hal ini dapat memunculkan terjadinya “copy paste”.
2.      Dengan era globalisasi yang serba canggih dan segalanya tersedia di dalam internet, membuat kita memilih hal instant yang bisa membantu mempersingkat waktu dan memperkecil mobilitas. Termasuk dalam tersedianya beberapa tes-tes psikologi yang tersedia di internet dan dengan mudah digunakan (user friendly).
Contoh :
Kelebihan
Kini tes-tes psikologi online telah tersebar didunia internet dan dapat mudah di akses dengan mudah. Hal ini dapat menjadi keuntungan bari para pengguna yang ingin mencoba atau berlatih tes-tes psikologi. Tanpa biaya, tanpa administrasi yang rumit hanya mengikuti perintah yang ada dan dapat dilakukan secara berulang-ulang (sepuasnya) serta hasil dapat lngsung diketahui. 
Kekurangan
Tes psikologi yang telah tersebar di dunia internet merupakan pelanggaran kode etik psikologi dalam hal kerahasiaan alat tes. Dan termasuk dalam pelanggaran hukum dan dapat dipidanakan bagi sang pelaku. Selain itu, alat tes psikologi yang tersebar luas di internet belum tentu memiliki hasil yang akurat dikarenakan tes yang berada di dunia internet merupakan tampilan sederhana dan belum tentu pembuat aplikasi tersebut ahli dalam bidang psikologi. 

3.      Selain alat tes, terdapat aplikasi yang berguna untuk berkonsultasi di dunia internet. Terdapat aplikasi bernama “elliza” yang merupakan aplikasi atau situs yang dapat membantu kita menyelesaikan masalah dengan cara berkonsultasi secara online.
Contoh :
Kelebihan
Karena banyak psikolog yang membuat situs khusus untuk berkonsultasi. Disana kita dapat bercerita dan mendapatkan solusinya. Kita bisa berkonsultasi secara online kapanpun kita inginkan dan dimanapun kita berada. Tidak perlu repot-repot langsung datang ke tempat konsultasi, kita hanya duduk di depan komputer, laptop, bahkan handphone sambil melakukan aktifitas lainnya. Disini saya akan merekomendasikan sebuah situs psikologi yang didalamnya terdapat artikel-artikel tentang psikologi, dari mulai psikologi anak sampai psikologi klinis. Lalu ada juga ruang untuk berkonsultasi, serta tes-tes psikologi. Silahkan kunjungi www.e-psikologi.com
Kekurangan
Namun meskipun begitu mudahnya kita berkonsultasi, kurang afdol rasanya jika kita tidak bertatapan muka langsung dengan konsultannya. Karena para konsultan juga tidak hanya menilai masalah-masalah apa yang kita derita, tetapi menilai dari awal berhadapan sampai akhir pertemuan, seperti penampilan, gerak tubuh, ekspresi, dll bisa masuk dalam penilaian seorang konsultan. Dan jika bertemu langsung, diagnosa dan solusi dari sang konsultan juga akan lebih tepat. Dan sebuah mesin tidak memiliki empai seperti layaknya manusia.

Menurut Indah Amalia Zulhaida (13511557)

Kelebihan :
Bentuk lain dari penerapan teknologi dalam psikologi adalah program SPSS. Program ini memang dibuat untuk membantu berbagai bidang ilmu dalam mempermudah pengembangan ilmu tersebut. Psikologi pun menggunakan aplikasi ini dalam membantu mengolah data. Data yang bisa diaplikasikan dalam SPSS adalah data secara kuantitatif. Aplikasi SPSS sangat membantu bidang psikologi ketika seseorang sedang melakukan penelitian di bidang psikologi dengan metode kuantitatif. Dalam penelitian jumlah subjek yang dibutuhkan tidaklah sedikit, karena untuk memperoleh hasil yang akurat memerlukan cukup banyak subjek sebagai respondennya. Disinilah peranan SPSS sangat dibutuhkan, data yang telah diperoleh untuk diolah bukanlah data yang sedikit dan sangat melebihi daya tampung manusia jika pengolahan tersebut harus dilakukan secara manual, akan terjadi kelelahan, hasil yang tidak akurat, dan akan sangat membuang energi dalam pelaksanaanya, dengan aplikasi SPSS lah berbagai masalah yang muncul jika di olah secara manual dapat teratasi.

Kekurangan :
Teknologi Internet pun tidak luput dari system error, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa dalam penghitungan data terjadi kesalahan.

Menurut Intan Purnama Iswari (13511651)

Kelebihan :
Penggunaan komputer dalam pembuatan software-software dapat memberikan kelebihan untuk bidang psikologi. Misalnya saja, di perusahaan sekarang ini banyak menggunakan software tentang alat tes agar waktu yang digunakan dalam menyeleksi calon karyawan baru lebih cepat dan efisien, serta tidak membuang tenaga para penyeleksinya.

Kekurangan :
Kekurangan dari penggunaan internet bagi psikologi adalah kerahasiaan alat tes semakin terancam. Sehingga alat tes psikologi seperti inteligensi seperti tes Raven, Differential Aptitudes Test lebih mudah untuk diakses dan dapat dipelajari sebelumnya. Implikasi dari permasalahan ini adalah, tes psikologi yang ada akan mudah sekali bocor, dan pengembangan tes psikologi harus berpacu dengan kecepatan pembocoran melalui internet tersebut.

Menurut Shabrina Khairunnisa (16511716)

Kelebihan :
·         Dapat membantu psikolog untuk melakukan tes individual maupun klasikal menggunakan komputer. Selain itu, psikolog juga dapat menskoring data dari tes psikologi yang telah dilakukan sehingga dapat mengefisien waktu untuk menghasilkan data yang diinginkan.
·         Teknologi komunikasi yang semakin canggih seperti video call dapat membantu psikolog untuk berkomunikasi jarak jauh dengan klien secara face to face saat dibutuhkan.
Kekurangan :
·         Kerahasiaan dari alat tes psikologi itu sendiri menjadi terancam karena saat ini banyak oknum yang menyebarkan alat tes psikologi di internet  yang dapat digunakan sendiri oleh masyarakat,karena itu masyarakat dapat bebas mengakses dan mencoba alat tes tersebut sehingga terjadi proses belajar saat mencoba alat tes tersebut. 
·         Kebocoran alat tes psikologi tidak hanya dalam bentuk buku yang terdapat di beberapa toko buku yang ada. Namun, perkembangan teknologi membuat para oknum dapat menyajikan buku tes psikologi yang lengkap dengan jawaban dan pembahasan tersebut dalam bentuk ebook untuk diperjual belikan di media internet.












No comments:

Post a Comment