Total Pageviews

About Me

My photo
depok, Indonesia
I always remember I am special.

Saturday, June 8, 2013

tulisan 3 : Cinta dan Perkawinan

Artikel :
Istri anda selingkuh, apa sebabnya?



Selingkuh biasa terjadi akibat dari sudah bosanya suatu hubungan sehinga pasangan akan melakukan selingkuh untuk merasakn suatu hubungan yang berbeda, ternyata bukan hanya pria saja yang suka selingkuh wanita pun juga sering melakukan selingkuh, ada beberapa penyebab kenapa wanita suka  selingkuh. Nah kamu ingin tahu penyebab apa aja yang bisa membuat wanita melakukan selingkuh ?

Berikut ini ada beberapa penyebab kenapa wanita suka selingkuh :

1. Kesulitan ekonomi
Masalah ekonomi merupakan penyebab nomor satu perceraian. Dalam hubungan rumah tangga suami yang lemah ekonominya dan pemalas bisa menjadi pemicu sang istri berselingkuh, bahkan menceraikannya. Itu pula yang terjadi pada pasangan yang belum menikah.

2. Hubungan terlalu nyaman
Bila hubungan dengan pasangan terlalu nyaman sehingga kedua pihak atau salah satunya merasa tak mempunyai tantangan lagi sehingga mengalami kejenuhan, bukan tak mungkin perselingkuhan bisa terjadi. Perasaan bosan ini, tak hanya dialami oleh lelaki, tapi juga perempuan.
Kondisi inilah yang menyebabkan beberapa perempuan mencari lelaki idaman lain untuk menciptakan lagi ‘suasana baru’ atau variasi yang tak membosankan, meski tak semua perempuan melakukan hal tersebut.

3. Kurang intim
Selingkuh juga bisa dilakukan perempuan bila hubungan dengan pasangan resminya kurang mesra atau intim. Intim bukan sekadar seks tapi kedekatan emosional dan kedalaman hubungan.
Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor misalnya, pasangan yang terlalu sibuk dengan pekerjaan atau kurang romantis dan kaku sehingga hubungan terasa hambar.

4. Tak pernah dihargai
Dianggap tidak ada atau sering merasa tak dipedulikan, bisa membuat perempuan mencari lelaki idaman lain. Dari pasangan lain itulah ia mendapat banyak perhatian dan merasa dihargai, sehingga perempuan merasa nyaman.
Bahkan tak jarang, beberapa perempuan rela meninggalkan pasangan resminya lantaran ia merasa mendapatkan figur yang sangat mencintai dan memerhatikannya, serta memedulikan perasaannya.

5. Senjata melarikan diri
Wanita yang kurang bahagia akan menggunakan perselingkuhan sebagai senjata melarikan diri dari hubungannya. Karena banyak pria yang jarang bisa memaafkan pasangan yang selingkuh, wanita yang selingkuh pun akhirnya bisa kabur dari kehidupan cintanya yang tidak bahagia.

“Ada orang yang takut mengakhiri hubungan, sehingga mereka sengaja berbuat kesalahan agar dibenci pasangannya,” kata psikolog Kelly Wallace dari ivillage.com.

Sumber : 
  • Kompasiana
  • http://www.artikelpernikahan.com/2013/02/istri.selingkuh.html

Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Definisi cinta lainnya adalah suatu perasaan yang positif dan diberikan pada manusia atau benda lainnya. Bisa dialami semua makhluk.

Perkawinan adalah ikatan sosial atau ikatan perjanjian hukum antar pribadi yang membentuk hubungan kekerabatan dan yang merupakan suatu pranata dalam budaya setempat yang meresmikan hubungan antar pribadi - yang biasanya intim dan seksual.Perkawinan umumnya dimulai dan diresmikan dengan upacara pernikahan. Umumnya perkawinan dijalani dengan maksud untuk membentuk keluarga.

A. Bagaimana memilih pasangan
Memilih pasangan hidup bukanlah perkara mudah. Pasalnya, banyak orang yang merasa tidak sreg ketika mereka ditawari untuk memilih suami atau memilih istri, tak seperti memilih pacar yang bisa dengan mudah dilakukan. Menurut mereka, pasangan hidup adalah orang yang diajak untuk susah senang bersama, yang diharapkan hanya akan ada yang pertama dan yang terakhir.Itu sebabnya memilih pasangan hidup jauh lebih susah dibandingkan dengan memilih pekerjaan atau tempat sekolah.

Dalam memilih pasangan hidup, baik bagi laki-laki maupun perempuan keduanya memiliki hak untuk memilih yang paling tepat sebagai pasangannya. Maka dari itu harus benar-benar diperhitungkan ketika memilih pasangan yang baik. Bila ingin pintar, seseorang harus rajin belajar, bila ingin kaya seseorang harus berhemat, begitu pula tentang pasangan hidup. Bila menginginkan pasangan hidup yang baik maka kita juga harus baik. Tak ada sesuatu di dunia ini yang untuk mendapatkannya tidak memerlukan pengorbanan. Segala sesuatu ada harga-nya termasuk bila ingin mendapatkan pasangan hidup yang baik. Ya, dimulai dari diri sendiri. Bila kita bercita-cita untuk mendapatkan pasangan hidup yang baik, maka kita sendiri harus baik. Percayalah, Tuhan telah memasangkan manusia sesuai dengan karakter dan derajat mereka masing-masing. Manusia yang baik hanyalah untuk manusia yang baik pula, begitu pula sebaliknya.

B. Seluk Beluk Hubungan dalam Perkawinan
Setiap pasangan yang menikah tentu ingin memiliki hubungan yang awet, tanpa ada pertentangan, kadang kala hubungan itu seperti Yoyo, kadang baik di atas, kadang turun di bawah. Oleh karena itulah di butuhkan Kedewasaan masing-masing pihak dalam menyikapi suatu permasalahan yang sedang di hadapi.

C. Perceraian dan Pernikahan Kembali
Pernikahan bukanlah akhir kisah indah bak dongeng cinderella, namun dalam perjalanannya, pernikahan justru banyak menemui masalah. Menikah Kembali setelah perceraian mungkin menjadi keputusan yang membingungkan untuk diambil. Karena orang akan mencoba untuk menghindari semua kesalahan yang terjadi dalam perkawinan sebelumnya dan mereka tidak yakin mereka bisa memperbaiki masalah yang dialami. Mereka biasanya kurang percaya dalam diri mereka untuk memimpin pernikahan yang berhasil karena kegagalan lama menghantui mereka dan membuat mereka ragu-ragu untuk mengambil keputusan.

Apa yang akan menyebabkan untuk memutuskan menikah kembali setelah bercerai? Ada beberapa faktor. Misalnya seorang wanita muda pun bisa memiliki kesempatan kurang dari menikah lagi jika dia memiliki beberapa anak. Ada banyak faktor seperti faktor pendidikan, pendapatan dan sosial. Jika ingin sukses dalam pernikahan baru, perlu menyadari tentang beberapa hal tertentu, jangan biarkan kegagalan masa lalu mengecilkan hati. Menikah Kembali setelah perceraian bisa menjadi pengalaman menarik. tinggalkan masa lalu dan berharap untuk masa depan yang lebih baik.

D. Single life
Hidup melajang atau membujang kerap kali terjadi disekitar kita, bukan karena tidak ada yang mau dengannya atau bisa dibilang “tidak laku”. Tetapi banyak dari mereka yang sibuk dengan dunianya seperti dunia kerja, apalagi jika pekerjaan mereka telah membuat hidupnya bercukupan maka tak jarang dari mereka enggan membuka dirinya untuk orang lain. Itulah yang menyebabkan banyak wanita dan pria yang sebenarnya sudah cukup untuk melepas masa lajangnya justru lebih senang dan nyaman untuk hidup melajang.

Padahal di agama kita sangat dianjurkan jika seseorang yang sudah memasuki usia siap menikah, mapan dan mampu untuk menikah, karena menikah merupakan sebuah ibadah kita kepada Allah SWT. Dan sebenarnya kita diciptakan Allah SWT sudah berpasang-pasangan dan akan lebih baik jika itu semua dipersatukan dan disahkan dalam ikatan pernikahan.

Tanggapan :
Dalam pernikahan sering sekali kita dengar WIL/PIL (Wanita/Pria Idaman Lain) yang dapat mengganggu pernikahan yang telah dijalani oleh pasangan yang telah berjanji satu sama lain untuk saling menerima pasangannya baik suka maupun duka, baik sehat maupun sakit. Dalam kasus ini yang di angkat adalah mengapa wanita bisa berselingkuh? menurut saya wanita merupakan makhluk yang paling sensitif karena selalu menggunakan perasaan. Tetapi menurut saya baik pria maupun wanita jika kita dapat menghargai pernikahan maka kita akan dapat dengan mudah menjaga pernikahan yang telah dibangun tanpa alasan apapun untuk menodai janji pernikahan tersebut.

Referensi :



  • http://id.wikipedia.org/wiki/Cinta
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Perkawinan
  • Adhim, Mohammad Fauzil (2002) Indahnya Perkawinan Dini Jakarta: Gema Insani Press (GIP)
  • Papalia, Olds, Feldman. Human Development. 2009. Salemba Humanika. Jakarta.


  • Nama : Githa Purnamasari
    Kelas : 2pa01
    NPM : 13511089

    No comments:

    Post a Comment