Netiquette
Terdapat beberapa definisi
tentang netiquette, yaitu :
a. Etika dalam menggunakan
Internet
b.
Aturan‐aturan/kebiasaan/etika/etiket umum yg berlaku di seluruh dunia, sehingga
para pelaku internet dapat dengan nyaman dalam berinteraksi di dunia maya ini
Aslinya dua kata yang dijadikan
satu, yakni networks dan etiquette. Sebelum internet lahir, kata netiquette
tentu belum ada. Orang mengartikan sebagai berperilaku sesuai
etiket saat tersambung ke jaringan internet, entah itu saat berinteraksi
di forum, mailing list, maupun blog. Di dalam internet tidak ada aturan
tertulis yang baku dan memiliki kekuatan legal yang dapat dipakai sebagai acuan
untuk memperlakukan dan mensikapi arus informasi dan data di
dalamnya.
Sebagai mahluk sosial pelaku
internet memiliki kode etik universal sebagai acuan dalam menjaga perilaku dan
kehormatan dalam pergaulan komunitas dunia maya. Setiap lingkungan punya nilai
etika tersendiri dan tidak ada nilai baku yang berlaku identik, tiap orang
dapat memiliki interprestasi yang berbeda terhadap prinsip yang disepakati.
Karena itu siapapun bebas untuk mematuhi peraturan yang sesuai dengan dirinya
dan yang tidak menyetujui bebas memilih untuk tetap berada di sana sebagai
minoritas atau keluar dari lingkungan tersebut.
Dalam kasus tertentu pelanggaran
etika dapat diajukan ke pengadilan melalui mekanisme hukum positif yang berlaku
pada diri seseorang (warga negara) maupun lembaga/organisasi. Yang paling
sering terjadi tuntutan hokum adalah menyangkut soal pelanggaran Hak Cipta, Hak
Privacy dan serangan illegal (Spamming, Pirating, Cracking dan sejenisnya)
terhadap suatu produk, perseorangan maupun institusi yang dilindungi hukum
positif secara internasional.
Secara umum siapapun yang merasa
menjadi bagian dari suatu komunitas di internet wajib untuk mematuhi kode etik
yang berlaku di lingkungan tersebut. Sebenarnya netiquette adalah hal yang umum
dan biasa, sama halnya dengan aturan‐aturan biasa ketika kita memasuki
komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada
Netiquete ini adalah:
1. Amankan dulu diri anda,
maksudnya adalah amankan semua properti, mungkin dapat dimulai dari mengamankan
komputer, dengan memasang anti virus atau personal firewall
2. Jangan terlalu mudah percaya
dengan Internet, sehingga dengan mudah mengupload data pribadi
3. Menghargai pengguna lain di
internet, caranya sederhana, yaitu :
a. jangan membiasakan menggunakan
informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk
mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalnya melakukan kejahatan
pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu
privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf
kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak‐teriak pada komunitas
sesungguhnya.
Pada dasarnya netiquette
merupakan panduan untuk bersikap dan berperilaku sesuai dengan kaidah normatif
di lingkungan Internet. Dengan mematuhi peraturan ini, maka akan sangat
bermanfaat dan membantu dalam berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain
tanpa harus mengalami masalah atau tanpa harus mengalami salah pengertian
dengan orang lain.
Aturan Inti Netiquette
:
1. Kita semua manusia, bahkan
saat berada di Internet sekalipun.
Jangan pernah lupa bahwa orang
yang sedang membaca e‐mail atau posting adalah manusia dengan perasaan yang
bisa saja terluka. Diharapkan untuk tidak mengirim komentar yang bernada
menyerang tapibersikaplah saling membangun. Jangan pernah mengetik isi pesan
dengan menggunakan huruf besar semua, meskipun itu hanya pesan singkat, balasan
ke suatu posting di forum, atau di dalam sebuah e‐mail. Dengan menulis pesan
menggunakan huruf besar semua, sama artinya sedang berteriak . Jangan
pernah mengirim e‐mail atau mengirim posting apapun yang tidak layak untuk
disampaikan ke orang lain. Ingatkan orang lain jika melakukan flaming. Flaming
adalah ketika seseorang atau sekelompok orang mengekspresikan hal‐hal negative mengenai
situasi tertentu. Alasan untuk mengingatkan orang yang melakukan hal ini adalah
karena beberapa orang mungkin tidak tahu jika orang tersebut sedang melakukan
flaming.
2. Ikuti aturan seperti di
kehidupan nyata saat online.
Bersikap dan bertindak dengan
selalu memperhatikan etika, dan jangan buru‐buru menyimpulkan sesuatu. Orang
yang sedang berada di Internet datang dari berbagai penjuru dunia dan memiliki
perbedaan pandangan terhadap sesuatu.
3. Ingatlah di mana berada ketika
sedang online.
Netiquette bervariasi dari satu
tempat ke tempat yang lain. Tidak semua orang mengikuti aturan yang sama. Jadi,
diharapka selalu bersikap terbuka dan jika dibutuhkan, bersikap kritis tapi
tetap konstruktif (membangun), dan bukan bersikap sebaliknya (negatif). Jika
berada di suatu wilayah topic pembicaraan pada forum atau chating, jangan
buru‐buru langsung mengirim komentar, tetapi mencoba untuk menangkap ide dari
apa yang sedang terjadi atau sedang dibahas. Posting yang terlalu dini dapat berpotensi
menyebabkan flaming.
4. Hormatilah orang lain ketika
Anda sedang online
Posting dikirimkan group yang
sesuai. Jika tidak dapat menemukan group yang sesuai dengan itu dan merasa
bahwa posting itu harus dikirim, yakinkan bahwa Subject dari posting sesuai
dengan isi posting, sehingga orang lain tahu bahwa posting tidak mengganggu
topik diskusi saat itu.
Fungsi
Netiquette berfungsi sebagai seperangkat pedoman umum yang dapat membuat komunikasi internet yang berguna dan sipil. Misalnya, mengirimkan puluhan surat berantai email ke teman mungkin tampak seperti pengalihan menyenangkan, tetapi dapat menjadi jengkel ke orang yang menerima mereka. Mengirim volume besar email impersonal atau pesan lain kepada orang lain dikenal sebagai “spam” dan sering disukai. Ada aturan umum tertentu, seperti mengirim “spam,” yang umumnya dianggap etiket buruk di Internet, namun komunitas online tertentu mungkin memiliki budaya mereka sendiri dan standar netiket.
Kesimpulan :
Beberapa pengguna internet keluar dari jalan mereka untuk mematahkan aturan yang telah ditetapkan netiket. Orang-orang yang membuat pesan khusus untuk menghasut kemarahan, menyebabkan diskusi gunanya atau orang lain kejut kadang-kadang menyebut “troll internet.” Menanggapi orang-orang yang membuat pesan khusus untuk mendapatkan kenaikan dari orang lain dikenal sebagai “memberi makan troll itu.” Penghinaan Online dan pelanggaran lain dari netiket kadang-kadang disebut “menyala.” Kedua “trolling” dan “menyala” dianggap netiket yang buruk.
Referensi :
Nama : Githa Purnamasari
Kelas : 2pa01
NPM : 13511089
No comments:
Post a Comment